Cara Pengapuran Tanah Asam



Share on :
AgriculturProductaJika dipostingan bulan lalu kita sudah membahas masalah pemupukan yaitu:
1.Memahami Pupuk
2.Pengapuran Tanah Asam
3.Berbagai macam unsur hara dan kegunaannya

Nah kali ini kita akan membahas mengenai cara pengapuran tanah asam.Setelah tanah yang akan kita tanami diukur derajat keasamannya ternyata hasilnya asam maka hal yag dilakukan adalah menentukan kebutuhan kapuruntuk tanah tersebuit.
Hal yang dilakukan ialah menentukan pH tanah yang akan dibuat,misalnya pH 6,5-7.umumny atanah kering yag biasa ditanami dibutuhkan 4 ton/ha dolomit atau kalsit.Untuk tanah gambut dibutuhkan sekitar 19 ton/ha.Memang angka pastinya belum ada.Namun,angka kebutuhan tersebut bisa dijadikan patokan.kuncinya ialah semakin asam tanahnya maka banyak kebutuhan kapurnya.Sekaranyg bagaimana jika lahan nya kurang dari 1 ha.?Tentu saja kebutuhan kapurnya kurang dari dosis per hektar atau sesuai dengan kebutuhaan lahan.Misalnya luas lahannya 1.000m^2 maka kebutuhan kapurnya hanya 400 kg atau 1/10 dari dosis anjuran.Nah berikut ini tabel berapa ukuran pH tanah dan dosis dolomit untuk menetralkan tanah tersebut.

Dosis Dolomit Untuk Menetralkan Tanah Asam


Anjuran untuk setiap meter persegi,yaitu 0,8 kglubang atau dapat dibulatkan menjadi 1 ka/lubang.Selain sebagi bahan untuk menetralkan pH,penggunaan kapur ini dimaksud sebagai buffer dalam tanah sehingga kemasamannya setabil.

Artikel Terkait:



14 komentar:

  1. kapurnya dalam bentuk apa tu Kang? misal saya mau nanam pohon melati nih, perlu nggak menetralkan derajat keasaman dengan kapur?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kapurnya dalam bentuk serbuk om,beli di toko pertanian juga ada.:)
      kalo untuk tanaman melati jika tanahnya gembur dan tanah yag digunakan tanah lapisan atas saya rasa tidak perlu cukup menggunakan pupuk kompos.(bagai mana dengan saran saya tentang memperbanyak bunga melati om.?berhasil gak.?)

      Hapus
  2. mantep nih artikel nya kang, bisa jadi referensi kami, tapi dolomitnya kecil-kecil deh....:o)
    salam sehat, maaf jarang mampir sini, maklumlah

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih kang.hehehe.
      kapan-kapan saya update gambarnya kang.:)

      Hapus
    2. kang, maaf lahir batin ya jelang puasa, saya suka becanda

      Hapus
    3. menyempatkan mampir kesini dan sekaligus mendo'akan semoga ramadhan ini kita semua mendapatkan keberkahan dari NYA selalu...amin
      salam sehat ya kang.

      Hapus
  3. bagus sekali sob artikelnya..

    #Selamat berpuasa ya

    BalasHapus
  4. Kurang sepaham sob, ya karena tidak begitu mengerti alasannya hehe. Marhaban Ya Ramadhan, mohon maaf lahir batin ya..?? Salam silaturahmi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ok lah gan gak apa-apa.:)sama-sama gan.:)

      Hapus
  5. . . waduch,, kayak nya aq salah kamar nich. huhh . .

    BalasHapus
    Balasan
    1. heheheheh.gak apa-apa.mudah-mudahan besok gak lagi.:)

      Hapus
  6. terima kaish banyak untuk artikel cara pengapuran zat asam tanahnya sobat...

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungannya.

Mari kita budayakan untuk saling berkomentar,baik cacian,makian,hinaan juga boleh asal jangan spam ya.?dan Usahakan komentar tidak masuk kotak spam.!

Tapi maaf lho komentar yang berisi link hidup atau mati tidak akan ditampilkan.

Terima Kasih.

 

Visitors

Free counters!

BackLink

This page is geo-coded PageRank Personal Blogs
W3 Directory - the World Wide Web Directory DMCA.com free web site traffic and promotion
Return to top of page Copyright © 2010- 2013| Agriculturproduct Converted into Blogger Template by Hack Tutors