Berbagai Macam Unsur Hara dan Kegunaannya



Share on :
Seperti biasa,setiap akhir bulan dan awal bulan kegiatan offline lebih menyita waktu dan tenaga juga pikiran,sehingga proses update blog juga mengalami gangguan. :) :)
Ok kali ini saya akan membagikan sedikit tentang berbagai macam unsur hara dan kegunaannya,Jika terjadi kekurangan atau kesalahan tolong koreksi ya.? :)

1. Nitrogen (N) :
Pertumbuhan vegetatif (tinggi,anakan,hijau daun)
Bahan penyusun klorofil dan daun.

2. Kalium (K) :
Fotosintesis,pembentukan protein dan karbohidrat.
Katalisator dalam transformasi tepung,gula dan lemak tanaman.
Bagian dari jerami dan kayu tanaman.
Mempengaruhi kualitas rasa dan warna dari buah serta bunga.
Daya tahan tanaman terhadap hama/penyakit dan kekeringan.
Mempercepat pertumbuhan jaringan meristematik.

3. Kalsium (Ca) :
Bahan penyusun klorofil.
Dibutuhkan bagi enzim pada metabolisme karbohidrat.
Bagian dari minyak tanaman penghasil minyak.

4. Magnesium (Mg) :
Pembentukan bulu-bulu akar dan biji-bijian.
Jerami dan bagian kayu tanaman.

5. Sulfur (S) :
Penyusun utama ion sulfat.
Merupakan kandungan protein dan vitamin.
Pembentukan bintil akar kacang-kacangan dan butir-butir hijau daun.

6. Ferum (Fe) :
Pembentukan klorofil.

7. Klorin (CI) :
Meningkatkan produktifitas dan mutu/ kualitas tanaman.

8. Mangan (Mn) :
Penyusunan klorofil dalam fotosintesis.
Perkecambahan biji dan pemasakan buah.

9. Kuprum (Cu) :
Pengaturan sistem enzim dan pembentukan klorofil.
Sangat diperlukan pada tanah alkalis dan organik.

10. Zink (Zn) :
Pengaturan sistem enzim dan zat pengatur tumbuh.
Sangat diperlukan pada tanah alkalis.

11. Boron (B) :
Meningkatkan kuantitas dan kualitas hasil sayur dan buah-buahan.
Meningkatkan produksi biji kacang-kacangan.
Diperlukan pada tanah organik.

12. Molibdenum (Mo) :
Penting dalam proses fiksasi unsur N dan untuk tanaman kacang-kacangan,jeruk dan sayur.

13. Natrium (Na) :
Berperan dalam pembukaan stomata dan dapat menggantikan peranan unsur K.
Berperan dalam pembentukan umbi,mencegah busuk bagian tengah ubi (hartrot).

14. Fosfor (P) :
Pertumbuhan akar.
Pembungaan dan pemasakan buah,biji atau gabah.
Penyusunan inti sel,lemak dan protein.

Agar tumbuhan dapat tumbuh dengan baik sebaiknya penggunaan unsur hara makro dan mikro harus seimbang.Unsur hara mikro sebenarnya unsurhara yang sedikit dibutuhkan oleh tanaman,akan tetapi jika tanaman kekurangan unsur ini maka tumbuhan tidak dapat tumbuh dan menghasilkan dengan baik.

Artikel Terkait:



70 komentar:

  1. ilmu pertanian yang mumpuni banget nih kang, desa yang berkecimpung di hasil tani ubi cilembu ngga pernah ngerti sampe dalem ginih, pada poin 7 klorin(Cl) ternyata ini yang bisa bikin kwalitas menjadi bagus ya, gimana tuh caranya supaya unsur ini tinggi?pupuk kah?..ada yang alamikah?
    salam sehat selalu neng...ups, akang anu kasep tea....:o)

    BalasHapus
    Balasan
    1. :D :D,Belum begitu ah kang.sebenarnya CI adalan unsur mikro kang,jika kelebihan akan menjadi racun bagi tanaman,dan unsur ini sudah ada ditanah.kalo untuk memperbesar umbi sebaiknya pupuk dg berimbang.jika sudah memasuki fase Generatif semprot dengan paclobutrazol dijamin umbinya bakal besar...tapi menyemprotnya cukup 3 kali.kalo lebih maka akan pecah. :)) :)) :p

      Hapus
  2. .......................























    dan saya pun teringat pelajaran kimia di sekolah >,<

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahahahah,panjang sekali commentnya gak taunya simple. :p :p

      Hapus
    2. wah iya nie, panjang bange ternyata jwabanya gitu doang. :(

      ga ada yang perlu di koreksi gan, ane justru ga tau :))

      Hapus
    3. xixixi..

      mana niiiih ilmu baru di dunia pertanian yg bisa ngingetin saya sama pelajaran lain. Fisika kek yg lebih susah.

      *sombong :p

      Hapus
  3. sangat bermanfaat buat nambah pengetahuan nih :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. sip gan sama2 ane datang lagi nih heheh nunggun postingan terbaru kang :D

      Hapus
    2. :) :).ok pantengin terus di gelombang dan frekwensi yang sama ya sob.xixxix (kayak Radio aja).Sekarang lagi sibuk gan...makanya proses Up Date nya terganggu.:D

      Hapus
  4. di Nomor 10, tanah alkalis itu apa Kang?

    saya berkepentingan sekali nih dengan pengetahuan ini. maklum pengelola kebun meski secuil. saya copy ya.. penting!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tanah Alkalis adalah tanah yang bersifat racun bagi tamanan.atau tanah yang mengandung racun bagi tanaman om.semoga bermanfaat.:)

      Hapus
  5. untuk bisa subur, sebuah tanaman ternyata memerlukan banyak sekali unsur hara ya....terimakasih infonya ya...

    BalasHapus
  6. keren sob infonya. makasih ya. kebetulan saya lagi nyari buat tugas biologi

    BalasHapus
    Balasan
    1. :) :),iya sob.wah kok kebetulan sih,?gak enak dengarnya. :p

      Hapus
  7. . . jadi pengen skul nich kalo liat penjelasan kayak gini. tapi,, dulu guru aq kayak mak lampier. huhh . .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo mau sekolah lagi juga gak apa-apa.Kan ada hadistnya "Tuntutlah ilmu dari ayunan sampai keliang lahat"

      Hapus
    2. . . hadechhhhhhhh,, liang lahat di sangkut pautkan. huhh . .

      Hapus
    3. Belajar tidak harus melalui sekolah. Pada ahlinya juga boleh

      Hapus
    4. . . belum ada postingan terbaru nich. padahal aq lagi menanti loh . .

      Hapus
    5. Makasih suportnya Vpie,ini masih sakit habis kecelakaan selasa kemaren.

      Hapus
  8. klo tanah kekurangan salah satux sj mgkn akan menyebabkan tanaman mati.., gitu ya bro...?? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya tidak gan,dari unsur ini yang paling berpengaruh adalah unsur makro,seperti N,P,K.dll

      Hapus
  9. menambah wawasan lagi mengenai unsur hara dalam tana sobat...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih sob,semoga bermanfaat. :)

      Hapus
  10. ribet juga ya.. kalau punya halaman belakang terus mau ditanemin gimana yak hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak juga.wahh cocok itu mbak.kalo halaman belakangnya 5 Ha gak apa-apa mbak.

      Hapus
    2. halaman belakang 5 hektar?? waaa mauuu

      Hapus
  11. tadinya ga ngerti soal pertanian jadi dikit2 ngerti, hehehe ... makasih mas, jadi manfaat ne :D

    salam hangat, ijin follow

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehehe.:)) sama-sama mbak.salam hangat kembali.makasih sudah follow. :)

      Hapus
  12. hadir kembali nih mas...,,cuma pengen menyampaikan rasa terimksih krna uda berknjung... :)

    blognya berhasil saya Follow kang, jangan lupa di Follback yah... ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih brooow.sama-sama.ok nanti saya follow back.:)

      Hapus
  13. Bagus nih blognya. Kebetulan q dapat bagian sawah. Jadi kalau nanti aku pengen bertani, tinggal belajar deh dari blog ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan sobat,semoga bermanfaat.:)

      Hapus
    2. Tidak perlu pakai kata semoga ini sudah bermanfaat sob.

      Hapus
  14. mau nanya nih, kalo tanaman melati, unsur hara yang diperlukan apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berikan unsuk P dan K om,dan sesendok makan ajino moto untuk merangsang pembungaan.kalo sudah tunggu seminggu dan lihat hasilnya.setelah itu share disini lagi ya.?hehehe

      Hapus
    2. Ajino moto ternyata bisa untuk tanaman juga ya. hebat

      Hapus
    3. bisa sob,Ajino Moto punya enzim tertentu yang berguna untuk merangsang pembungaan.

      Hapus
  15. nyimak aja sob...,thx ilmux.., happy blogging *smile

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima Kasih atas kunjungannya sobat.

      Hapus
  16. terimakasih artikelnya berguna bagi pelajaran fisika dan saya :)

    BalasHapus
  17. unsur2 hara diatas mkgn hny bs didpat didaerah subur..,
    lalu gmn dgn tanaman yg bs hidup didaerah kering, berarti mereka gk begitu membutuhkan unsur2 hara diatas ya sob...??, atw emank dah dr sonox mereka gitu.., mislx tanaman Jagung, kurma dan kaktus dst...

    happy blogging.... *smile

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan hanya didaerah subursaja sob,kalo didaerah tandus unsur tsb ada cuma dalam jumlah yang sedikit.dan setiap tanaman sangat membutuhkan unsur-unsur tsb tapi jumlahnya sesaui dg kebutuhan.misalnya kita biasa sekali makan 1 piring lalu di beri 2 piring nah apa muat dg perut kita.?

      Hapus
  18. Artikel bagus!
    Tapi nanya dikit ya, unsur hara mikro itu yang mana saja sih?

    BalasHapus
  19. kalau tanam lombok/cabe biar cabenya/lomboknya pedas dan besar2 tu harus dibanyakin unsur apanya...??
    mohon pencerahan...
    :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Supaya cabainya pedas silahkan tambahkan unsur K,dan P.jika ingin cabainya besar-besar,itu bisa saja pengaruh gennya.bukan dari unsur haranya sob.

      Hapus
  20. tambah keren infonya.. terima kasih .

    ------------
    coba koreksi lagi sob blog saya
    thx

    BalasHapus
  21. mamapir lagi nie sekedar membaca lagi dan menunggu yang baru, biar rame, koment lagi aja ya.

    BalasHapus
  22. lengkap bin komplit macam unsur hara-nya sobat ...trimakasih sudah berbagi :)

    BalasHapus
  23. saya sukam bertani tapi ga tahu kurang apa dan gmana,
    baca artikel ini jadi banyak mengerti…

    BalasHapus
  24. jadi referensi yg bagus buat yg mau bercocok tanam

    BalasHapus
  25. lama jg ni gk update.., semangka ya..! *smile

    BalasHapus
  26. LAGI SAKIT SOB,HABIS KECELAKAAN.:(

    BalasHapus
  27. abis sakit sob?cepet sembuh ya

    BalasHapus
  28. jd, agar tanah bagus utk tanaman hrs mengandung kesemua unsur di atas ya sob?
    oya, kamu habis kecelakaan sob?
    waduh, hati2 sob..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya unsur-unsur ini sudah ada di tanah cuma tidak banyak/terbatas,iya sob.iya makasih.

      Hapus
  29. salam kenal kang, saya pemula neh...ada rencana ingin menanam pohon jabon di lahan kebonan, apa bisa bantu beri pencerahan di forum ini?

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungannya.

Mari kita budayakan untuk saling berkomentar,baik cacian,makian,hinaan juga boleh asal jangan spam ya.?dan Usahakan komentar tidak masuk kotak spam.!

Tapi maaf lho komentar yang berisi link hidup atau mati tidak akan ditampilkan.

Terima Kasih.

 

Visitors

Free counters!

BackLink

Ping your blog, website, or RSS feed for Free This page is geo-coded Top 100 Education Sites on Top100Add.com - Add your Site, Boost Your Traffic! PageRank Personal Blogs
W3 Directory - the World Wide Web Directory DMCA.com free web site traffic and promotion Top 100+
Return to top of page Copyright © 2010- 2013| Agriculturproduct Converted into Blogger Template by Hack Tutors