Memahami Pupuk



Share on :


Pupuk merupakan kunci dari kesuburan tanah karena berisi satu atau lebih unsur untuk menggantikan unsur yang habis diserap oleh tanaman,jadi,memupuk berarti menambah unsurhara ke dalam tanah (pupuk akar) dan tanaman (pupuk daun).
Pupuk mengenal istilah makro dan mikromeski belakangan ini jumlah pupuk mcendrung makin beragamdengan aneka merek kita tidak akan terkecoh.Apapun namanya dan negara manapun pembuatnya dari segi unsur dikandungnya tetap saja dua golongan pupuk,yaitu pupuk makro dan mikro.Sebagai patokan untuk membeli pupuk adalah unsur hara yang dikandungnya.
Untuk jelasnya ,ada baiknya jenis-jenis pupuk di kelonmpokan terlebih dahulu.Ini perlu karena hingga kini jenis pupuk yang beredar dipasaran sangat banyak jenisnya.Untuk secara umum pupuk dibagi menjadi dua kelompok asalnya yaitu:
1.Pupuk anorganik seperti Urea,TSP, atau SP36,KCL serta
2.Pupuk Organik seperti pupuk kandang,kompos,humus,dan pupuk hijau.
Lantas lahirnya pupuk produk baruyang cara pemberiannya lain dari biasanya maka pupuk pun dibagi lagi berdasarkan cara pemberiannya yaitu sebagi berikut.
1.Pupuk akar iyalah segala jenis pupuk yang diberikan lewt akar .Misalnya:Pupuk kandang,TSP,ZA.Urea Kompos dan Dekafrom.
2.Pupuk daun iyalah segala jenis pupuk yang diberikan lewat daun dengan cara menyemprotkan.sampai saat ini diperkirakan sudah banyak jenis pupuk daun.
Kecuali pembagian diatas ada pembagian ada pembagian lain dari pupuk ini.yaitu berdasarkan unsur hara yang dikandungnya.Berdasarkan ini ada tiga kelompok pupuk yaitu:
1.Pupuk tunggal yaitu pupuk yang mengandung hanya satu jenis unsur hara saja contohnya Urea.
2.Pupuk majemuk yaitu pupuk yang mengandung lebih dari satu jenis unsur misalnya:NPK,beberapa jenis pupuk daun dan kompos.
3.Pupuk lengkap iyalah pupuk yang mengandung unsur-unsur lengkap(keseluruhan)baik unsur makro dan unsur mikro.

Artikel Terkait:



10 komentar:

  1. boleh tanya nggak, kalo pupuk untuk pohon bunga melati apa yang direkomendasikan?

    BalasHapus
  2. @zachflazz:Maaf om ini maksudnya pupuk untuk tanaman apa untuk bunganya.?kalo untuk bunga supaya banyak pakai saja ajino moto om,setiap 5 liter air berikan 1 sendok makan,berikan secara berkala setiap 3 hari sekali.kalo untuk pohonnya pakai saja NPK Phonska yang murah.jika kurang jelas silahkan contact saya lewat kritik dan saran.tks

    BalasHapus
  3. dalam memilih pupuk memang harus selektif, harus disesuakan dengan kebutuhan taaman.. salam sper buat sgricultur product

    BalasHapus
  4. Sangat bermanfaat nih sob pengetahuan saya tentang tanaman (pemberian pupuk) kalau saya milih pakai pupuk organik saja gan.

    BalasHapus
  5. @BUDI PRASETYO:YUps betul sekali mas,Sedikit meluruskan mas Agricultur Product bukan sgricultur product.

    BalasHapus
  6. @M.kurnia Yudanto:Pupuk Organik lebih bagus sob dibandingkan pupuk kimia.

    BalasHapus
  7. bukannya pupuk organik juga termasuk kimia, sebab ada kimia organik. memang klo menurut ane sih, tergantung kondisi tanah. bisa digunakan single product maupun kombinasi. terima kasih sharingnya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya bukan donk mbah,kalo organik itu ada 2 macam
      1.Semo organik dan,
      2,Organik.
      sebenarnya sich kalo menurut saya tergantung tanamannya mbah,karena setiap tanaman memerlukan unsur yang berbrda.:)

      Hapus
  8. mas admin, kalo buah tanaman yang sering jatuh itu pengaruh apa ya...? apa perlu d pupuk dengan NPK lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa jadi itu kekurangan unsur k sobat,jadi silahkan anda pupuk dengan menggunakan pupuk yang mengandung kalium tinggi.tanpa kandungan unsur N atau nitogen.jadi bisa menggunakan pupuk KCL dan tambah sedikit Pospat (P).tergantung umur tanamannya.

      Hapus

Terima kasih atas kunjungannya.

Mari kita budayakan untuk saling berkomentar,baik cacian,makian,hinaan juga boleh asal jangan spam ya.?dan Usahakan komentar tidak masuk kotak spam.!

Tapi maaf lho komentar yang berisi link hidup atau mati tidak akan ditampilkan.

Terima Kasih.

 

Visitors

Free counters!

BackLink

This page is geo-coded PageRank Personal Blogs
W3 Directory - the World Wide Web Directory DMCA.com free web site traffic and promotion
Return to top of page Copyright © 2010- 2013| Agriculturproduct Converted into Blogger Template by Hack Tutors