Tour de singkarak 2012



Share on :

Provinsi Sumatra Barat patut berbangga dengan kembali terpilihnya Singkarak sebagai jalur tur sepeda internasional dalam perhelatan akbar Tour De Singkarak 2012. Di perayaan tahun keempat kalinya ini, sebanyak 14 kabupaten telah siap menyemarakkan event dunia itu.



“Terakhir kalinya, hanya 4 kabupaten yang bergabung, tapi tahun ini berkembang jadi 14 kabupaten. Ini suatu bukti bahwa tur sepeda ini menjadi ajang yang menjanjikan bagi pariwisata provinsi tersebut,” ujar Sapta Nirwandar, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dalam peluncuran ajang tersebut di Jakarta, kemarin.



Tour De Singkarak 2012 akan berlangsung selama empat hari, yakni 4-10 Juni 2012. Dengan melombakan 7 etape yang berjarak total 854 kilometer. Etape pertama, kabupaten Sawahlunto terpilih sebagai garis start. Etape kedua adalah Muara Sijunjung-Lembah Harau, etape ketiga menjadi milik Payakumbuh – Istana Baso Pagaruyung. Adapun etape keempat menepi pada Sicincin Anai Golf-Bukittinggi , menuju etape kelima di Padang Panjang-Singkarak, etape enam di Pariaman-Painan. Terakhir, etape ketujuh merapat di Padang Circuit Race.



Ada sebanyak 250 pembalap dari 17 negara yang akan merebutkan hadiah senilai Rp 1 miliar. Para pembalap tergabung dalam 18 tim pembalap internasional dan 7 tim nasional. “Tahun ini kami bekerjasama dengan penyelenggara Tour De France dengan harapan ajang ini bisa sama dan sejajar kualitasnya dengan mereka,” ujar Sapta.



Persiapan provinsi sendiri telah pada tahap menyelesaikan infrastruktur perbaikan jalan senilai Rp 40 miliar. “Kan malu kalau ajang internasional tapi jalannya masih bolong-bolong,” katanya. Selain itu, ajang ini sekaligus menjadi jalan promosi Sumatra Barat untuk memasarkan kuliner dan alam kepada tamu asing.



“Ada kuliner rendang yang sudah mendunia dan segera kami berdayakan usaha-usaha mandiri untuk suvenir dan promosi pariwisata,” tutup Sapta. Aguslia

Sumber : Tempo.Co

Artikel Terkait:



30 komentar:

  1. klo ada yg ngaku org indonesia tp gk kenal dgn Rendang maka dia bukan org Indonesia.... *smile

    thx infox sob...

    BalasHapus
  2. wah gak boleh ketinggalan besok gan, ane mau ikut pake sepeda butuk ane, daftarnya kemana ya...

    BalasHapus
  3. postingan yang bagus dan menarik, terima kasih informasinya

    BalasHapus
  4. jadi pengen ke sumbar :(

    BalasHapus
  5. semoga tour de singkarak bisa makin membuat banyak wisatawan datang ke sana ya...

    BalasHapus
  6. Mantab mas bro, jauh juga ya rute tournya.... 854 km. tapi dengan melewati pemandangan yang indah bukanlah hal sulit sih......hehehe.

    BTW......awesome new template mas bro :) sukses selalu buat Agriculture Product.

    BalasHapus
  7. serangan balasan dari education for all. tip agriculture yg sangat bermanfaat...Oh ya sob Members (201)sukses ditunggu followbacknya dalam waktu 2 x 24 jam..he..he..he..

    BalasHapus
  8. nice info sahabat, btw saya penggemar rendang.

    BalasHapus
  9. iya, ini dulu sangat terkenal di tivi. tour de Singkarak sama tour de ISSI. cuma agak lama nggak terdengar gaungnya ya. syukurlah jika kegiatan ini eksis, ikut seneng dan sukses.

    BalasHapus
  10. @Hzndi:Mari silahkan sob,nginap di rumah saya kalo jadi .:)

    BalasHapus
  11. @Made Budi:Selain itu kalo yang sekarang hadiahnya 1 M bos,lebih gede pada taon lalu.Makasih sob.

    BalasHapus
  12. @BRI Jakarta Veteran:Sama kita lae,rendang memang sudah mendunia.

    BalasHapus
  13. @zachflazz:Kalau Tour De Singkarak diadakan 1 tahun cuma sekali om,dan sudah berlangsung selama 3 tahun ini.

    BalasHapus
  14. ajang lomba yang bagus nih, bisa sekalian promo objek wisata dan budaya daerah.
    nice share kang, rumah barunya keren euy...enteng pula

    BalasHapus
  15. wah semoga dengan adanya kembali Tour De Singkarak ini bisa sukses kedepannya :)

    BalasHapus
  16. Hadiahnya lumayan besar 1 milyar.
    Smakin meriah pastinya jika 14 kabupaten ikut menyemarakan.
    Semoga mampu mengangkat citra Indonseia di kancah dunia.

    BalasHapus
  17. kalo dilihat dari gambarnya emang mantap tempatnya pas banget, hadiah yang sangat menggiurkan dan pasti rame karena peserta dari 17 negara, sayang ga bisa nikmatin, jauh dari tempat saya, GO ON Friend.

    BalasHapus
  18. semoga tour de singkarak bisa sejajar kualitasnya dengan tour de france seperti harapan panitia

    BalasHapus
  19. tour de singkarak..semoga acara-nya sukses dech..dan semakin memperkenalkan indonesia di mata dunia :)

    BalasHapus
  20. @Desa:Iya sob,iya rumah baru,heheheh makasih sob.

    BalasHapus
  21. @Djangkaru Bumi:Iya sob,dibandingkan tahun lalu lebih besar sekarang,aminnnn.

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungannya.

Mari kita budayakan untuk saling berkomentar,baik cacian,makian,hinaan juga boleh asal jangan spam ya.?dan Usahakan komentar tidak masuk kotak spam.!

Tapi maaf lho komentar yang berisi link hidup atau mati tidak akan ditampilkan.

Terima Kasih.

 

Visitors

Free counters!

BackLink

This page is geo-coded PageRank Personal Blogs
W3 Directory - the World Wide Web Directory DMCA.com free web site traffic and promotion
Return to top of page Copyright © 2010- 2013| Agriculturproduct Converted into Blogger Template by Hack Tutors