Jarak Pagar



Share on :
Siapa yang tidak mengenal jarak pagar yang memiliki nama latin Jatropha curcas L., Euphorbiaceae merupakan tumbuhan semak berkayu yang banyak ditemukan di daerah tropik. Tumbuhan ini dikenal sangat tahan kekeringan dan mudah diperbanyak dengan stek. Walaupun telah lama dikenal sebagai bahan pengobatan dan racun, saat sekarang tumbuhan ini makin mendapat perhatian sebagai sumber bahan bakar hayati untuk mesin diesel karena kandungan minyak bijinya. Peran yang agak serupa sudah lama dimainkan oleh kerabatnya, jarak pohon (Ricinus communis), yang bijinya menghasilkan minyak campuran untuk pelumas.Selain itu tumbuhan ini dikenal dengan berbagai nama di Indonesia: jarak kosta, jarak budeg (Sunda); jarak gundul, jarak pager (Jawa); kalekhe paghar (Madura); jarak pager (Bali); lulu mau, paku kase, jarak pageh (Nusa Tenggara); kuman nema (Alor); jarak kosta, jarak wolanda, bindalo, bintalo, tondo utomene (Sulawesi); ai huwa kamala, balacai, kadoto (Maluku). 4.5

Artikel Terkait:



20 komentar:

  1. hem.. ini yang ada di pagar ya bang, tapi bener tidak ya apa yang saya pikirkan dengan yang ada di sni sama. coba kalau ada gambarnya mungkin lbih asik gan, hehe. masukan aja.

    BalasHapus
  2. @cerita anak kost:kan ini masih tahap pengenalan sobat, :)nanti pas tahab budidaya saya akan tampilkan gambarnya.(terima kasih atas masukannya,sedikit membuat penasaran :) xixixi)

    BalasHapus
  3. agricultur product, memang mantab selalu membuat semua pembacanya penasaran, baik lah saya akan tunggu cara pembudidayanya siapa tau saya juga bisa nanam dikampung..

    BalasHapus
  4. jarak pagar itu maksudnya daun jarak ya? yang daunnya besar2 dan bisa dijadikan obat dengan cara ditempelkan ke kulit? :)

    BalasHapus
  5. owalah jarak pagar itu nama taneman toh, tak pikr jarak antar pagar gitu. Xixixi

    BalasHapus
  6. Lah, ane malah baru tau nih gan

    BalasHapus
  7. tumbuhan yang kelak akan berharga mahal, seperti biasanya kalau belom habis, tumbuhan pengganti bahan bakar ini belum dibudidayakan secara maksimal.
    tunggu waktunya.

    BalasHapus
  8. Ho oh sama kayak Hadi tadi saya mikirnya hehehe. Ditunggu foto jarak pagarnya kalo gitu :)

    BalasHapus
  9. @Agriculture Productwah ternyata strateginya emang gitu ya. ehmmm

    BalasHapus
  10. Adi:Mas, bisa kasih info dimana saya bisa dapet tanamannya, saya tinggal daerah tanah abang

    BalasHapus
  11. mas admin mohon info kalo sudah ada pabrik atau perusahaan yang telah memproduksi minyak jarak di indonesia, email please acer_kai@ymail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk hal 1 ini saya belum bisa menjawabnya sob.:(

      Hapus

Terima kasih atas kunjungannya.

Mari kita budayakan untuk saling berkomentar,baik cacian,makian,hinaan juga boleh asal jangan spam ya.?dan Usahakan komentar tidak masuk kotak spam.!

Tapi maaf lho komentar yang berisi link hidup atau mati tidak akan ditampilkan.

Terima Kasih.

 

Visitors

Free counters!

BackLink

This page is geo-coded PageRank Personal Blogs
W3 Directory - the World Wide Web Directory DMCA.com free web site traffic and promotion
Return to top of page Copyright © 2010- 2013| Agriculturproduct Converted into Blogger Template by Hack Tutors