Harga Organ Tubuh Manusia



Share on :

Penjualan organ manusia sebenarnya sudah memiliki jaringan internasional yang teratur dan rapi, namun masih samar-samar terdengar oleh awam sebab tergolong ilegal di beberapa negara, termasuk Amerika Serikat. Permintaan organ ini sebenarnya cukup banyak dan menawarkan kompensasi yang menggiurkan.
Masyarakat miskin adalah pihak yang sering tergoda menjual salah satu ginjalnya di pasar gelap. Dalam beberapa kasus, pendonor direkrut dan diterbangkan ke negara lain untuk diambil organnya dalam ruang operasi. Pada tahun 2003, ditemukan jaringan penjual beli ginjal ilegal di Afrika Selatan.

Para pendonor yang direkrut kebanyakan berasal dari pemukiman kumuh di Brazil dan diterbangkan ke Afrika Selatan untuk diambil organnya. Kompensasi yang diberikan antara US$ 6.000 sampai US$ 10.000 atau sekitar Rp 55 juta sampai Rp 91 juta. Para tengkulak di Afrika Selatan mampu menjual organ hingga mencapai US$ 100.000 atau sekitar Rp 917 juta.

Salah satu kasus besar di Amerika Serikat melibatkan seorang ahli bedah mulut di New York bernama Michael Mastromarino. Ia membuka layanan yang disebut Biomedical Tissue Services dengan seorang perias mayat bernama Joseph Nicelli pada tahun 2000.

Selama bertahun-tahun, duet ini memanen jaringan manusia dari tubuh dari rumah duka dan menjualnya ke fasilitas penelitian. Sindikat ini terbongkar setelah menjarah organ milik Alistair Cooke, jurnalis terkenal di Amerika Serikat, pada tahun 2005. Kedua penjual organ ini akhirnya ditangkap dan dituntut dengan berbagai tuduhan kejahatan.

Organ adalah sistem sel dan jaringan yang melakukan tugas tertentu dan fungsinya menurun seiring usia. Misalnya, jantung orang yang berusia 20-an tahun dapat memompa darah lebih dari 10 kali jumlah darah yang dibutuhkan, dan kemampuannya menurun karena penuaan. Paru-paru dan ginjal juga semakin lemah fungsinya seiring waktu, begitu juga dengan organ-organ lainnya.

Penyakit atau masalah genetika juga dapat menghancurkan satu organ tertentu, sedangkan seluruh tubuh tetap relatif sehat. Dalam banyak kasus, untuk memperbaiki fungsi tubuh dengan baik, perlu menggantikan organ yang rusak dengan yang organ sehat. Sayangnya, organ yang sehat tidak mudah didapat. Pada bulan April 2008, ada lebih dari 98.000 orang yang menunggu transplantasi organ.

Meskipun banyak nyawa yang terselamatkan oleh donor organ, banyak juga orang yang mati saat menunggu ketersediaan organ. Rata-rata, ada pertambahan sekitar 106 orang yang menunggu organ setiap hari dan 18 orang meninggal dunia setiap hari karena tidak mendapat donor organ.

Jika ingin tahu berapa banyak organ tubuh dapat dijual di pasar gelap, berikut adalah daftar harganya seperti dilansir Gizmodo.com, Senin (25/4/2012).
1. Sepasang bola mata: US$ 1.525 atau sekitar Rp 14 juta
2. Kulit Kepala: US$ 607 atau sekitar Rp 5,56 juta
3. Tengkorak dengan Gigi: US$ 1.200 atau sekitar Rp 11 juta
4. Bahu: US$ 500 atau sekitar Rp 4,6 juta
5. Arteri koroner: US$ 1.525 atau sekitar Rp 14 juta
6. Jantung: US$ 119.000 atau sekitar Rp 1,1 miliar
7. Hati: US$ 157.000 atau sekitar Rp 1,4 miliar
8. Tangan dan lengan: US$ 385 atau sekitar Rp 3,5 juta
9. Pint darah: US$ 337 atau sekitar Rp 3,1 juta
10. Limpa: US$ 508 atau sekitar Rp 4,6 juta
11. Perut: US$ 508 atau sekitar Rp 4,6 juta
12. Usus Kecil: US$ 2.519 atau sekitar Rp 23 juta
13. Ginjal: US$ 262.000 atau Rp 2,4 miliar
14. Kandung empedu: US$ 1.219 atau sekitar Rp 11,1 juta
15. Kulit: US$ 10 atau sekitar Rp 91.000 per inci persegi.

Hayo siapa yang mau jual organ tubuhnya.?hahaha
Kalo saya pribadi Insya Allah tidak akan menjualnya sob,karena sehat itu mahal harganya dan tidak bisa dinilai dengan uang atau harta lainnya.


Sumber :http://thirteenend.blogspot.com/2012/05/daftar-harga-berbagai-jenis-organ-tubuh.html
Sumber Gambar :Google 4.5


Artikel Terkait:



50 komentar:

  1. luar biasa mas... kerennnnn yang jelas tubuh kita ini seperti sebuah sistem yang saling berkaitan

    BalasHapus
  2. @deby putra bahrodin:Yups betul sekali sobat,jika salah satu sakit yang lain juga akan merasakannya.

    BalasHapus
  3. Harga fantastis tapi ngeri juga sob,........
    Salam dari Bengkel Bangun, happy blogwalking.

    BalasHapus
  4. wah, mahal banget nih....

    tp sebaiknya jangan ada deh, serem


    o iya ayo tukeran link ya sob.. PR2 punya ane.. sama..

    BalasHapus
  5. semoga gak ada lagi perdagangan manusia

    link sobat udah nempel sob.. silahkan dicek juga ya... salam persahabatan...

    BalasHapus
  6. kunjungan di sini sobat
    ditunggu dari 195
    terima kasih

    BalasHapus
  7. @sekedar wawasan:Gimana gan ,mana yang berniat anda jual.wkwkwkw

    BalasHapus
  8. @sekedar wawasan:aminnn,semoga saja sobat,makasih sob.semoga kitra bisa bekerja sama. :)

    BalasHapus
  9. wah begitu mahalnya ya, jadi saya teringat sama karunia tuhan yang telah kita terima, jangan sia siakan kesehatan ini.

    BalasHapus
  10. beran ada ya ternyata bang. ouuu. kirain cuma rumor, wah kalau ginjal harganya mahal juga ya. btw gan itu yang daftar isi ko ada di postigan awal, sengaja atau engga? kalu menurut saya. postingannya di mundurin aja, jadi bulan lalu, jadinya ntar pas terbit ada di belakan, bukan ada di dpan. sekedar saran ajaj.

    BalasHapus
  11. @nice ppt:Iya sob...maka dari itu jaga lah kesehatan.hehehe

    BalasHapus
  12. @cerita anak kost:Iya beneran ini sob,hehehe sebenarnya enggak sengaja sob,makasih ya masukan dan sarannya. :)

    BalasHapus
  13. Itu nanti gimana deh di alam kuburnya yaa ... ckckckkc ga abis pikir. Sebagian tubuh dikubur, sebagian lagi entah kemana ... ckckckkckc

    BalasHapus
  14. Hello..

    Visiting here again. Smile!!

    BalasHapus
  15. perlu nih dibaca oleh orang yang merasa dirinya termiskin di dunia, padahal organ2 dalam tubuhnya itu kan mahal pisan euuy *sok sunda padahal bukan hehe*, postingan ini nyambung dgn Cerbung saya kemarin, dari yang saya baca jual organ tubuh itu haram, alasannya karena tubuh inikan titipan bukan milik sendiri, jadi sesuatu yang dititipin itu ya ga boleh dijual, dan lagi dampaknya malah bisa menyebabkan si penjual organ sakit (bs krn bnyk alasan), nah kalau udah sakit biayanya bisa lebih mahal dr harga organ yg dia jual, jadi.. sebenarnya lebih banyak manfaat atau mudharatnya?? jawab sendiri hehe

    *cmiiw

    BalasHapus
  16. @Hadi Kurniawan:Saya juga nggak tau sob,ilmu saya belum sampai.xixixi

    BalasHapus
  17. @NF:betul sekali itu mbak,heheheh
    wahh,ternyata hukumnya Haram to.?makasih komentarnya mbak.:)

    BalasHapus
  18. lho..!, postingan kita ko samax ya..?? heheh... gk nyangka ni..., serius ni aq baru tau..! *smile

    happy blogging...

    BalasHapus
  19. memang kalau dilihat angka-nya sich lumayan tinggi juga ya, namun kalau dibandingkan dengan kebutuhan harga itu sangatlah rendah..karena betul yang sobat katakan..sehat itu mahal :)

    BalasHapus
  20. Mahal- mahal yah??
    Hmmmm...........
    Kalau aku juga gak mau deh jual organ tubuhku kalau aku masih hidup....

    BalasHapus
  21. dunia semakin tua ... penghuninya semakin aneh ....
    Ngeri juga mendengarnya

    BalasHapus
  22. @Rohis Facebook:Saya juga baru tau,kan kita nggak janjian.:)

    BalasHapus
  23. @Fitrah Istiqomah:Siapa tau berminat mbak.heheheh


    Piss. :)

    BalasHapus
  24. @Sundul:Yang dengar aja ngeri apa lagi pelakunya sob.wkwkwkw :p

    BalasHapus
  25. Wahh, sumpah kaya kacang aja organ tubuh di perjual belikan...

    Kalo hukumnya ane belum begitu paham nih..

    BalasHapus
  26. @Bang Dayat:kalo dari yang saya baca hukumnya HARAM sob.

    BalasHapus
  27. itu??? jualan tubuh manusia kah???
    astagfirullah hal azim >,<

    BalasHapus
  28. @Fahmi Setiawan :Iya,kalo berniat menjual juga boleh,saran saya sich mending gak usah.

    BalasHapus
  29. waduh jualan organ tubuh kayak jualan ponsel diblack market aja hehe

    BalasHapus
  30. @Dede Rukmana:Kurang lebih sama sobat.cuma barangnya aja yang beda.heheh

    BalasHapus
  31. @Tukang Copas:Kalo gitu gak usah baca aja sob.hehehe

    BalasHapus
  32. waw.. keren bang.. pengetahuan jadi lebih luas.. sy cuma tau dikit2 ajja.. hehehe :D

    BalasHapus
  33. @Agriculture Product ok gan, dengan senang hati. kan kaya gini orang jadi fokus, biasanya orang melihat yang terbaru dari postingan soalnya.

    BalasHapus
  34. Hadir lagi dan support dengan google + 1

    BalasHapus
  35. manusia kayak ayam aja dijual jual organ tubuhnya. :(

    BalasHapus
  36. wah ini ada organ yang mau dijual sob, bisa nyari agenya tidak, ayam saya kemarin mati, jika ada yang berminat dengan hati nya silahkan hubungi langsung ke no hp saya ya.. wkwkwk salam manis buat blog yang manis ini

    BalasHapus
  37. i impressed with your blogging,its very informative blog,thanks for share

    BalasHapus
  38. Gk tega sob, kalo kita sampai jual organ tubuh kita, kesannya jd gk brsyukur bgt.

    BalasHapus
  39. @USOFT:Tau kok cuma dikit-dikit,hihihi
    kalo banyak kan bagus sob

    BalasHapus
  40. @cerita anak kost:Iya sob,hehehe
    sekali lagi makasih lho masukannya. :)

    BalasHapus
  41. @Sundul:Makasih kunjungannya sob,saya dah lama menambahkan sobat di G+ saya. :)

    BalasHapus
  42. @Zevinblog:Yahh namanya juga manusia yang gak sempurna sob.

    BalasHapus
  43. MBAAHH.. Masya Allah,, ada ada saja. harganya pun tinggi tinggi yaa.. heheh

    kulit lumayan jga kalo se inci segitu. ckkc

    BalasHapus
  44. Kudu hati2 gan....semakin byk kejahatan karna mahalnya harga organ tubuh kita

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungannya.

Mari kita budayakan untuk saling berkomentar,baik cacian,makian,hinaan juga boleh asal jangan spam ya.?dan Usahakan komentar tidak masuk kotak spam.!

Tapi maaf lho komentar yang berisi link hidup atau mati tidak akan ditampilkan.

Terima Kasih.

 

Visitors

Free counters!

BackLink

This page is geo-coded PageRank Personal Blogs
W3 Directory - the World Wide Web Directory DMCA.com free web site traffic and promotion
Return to top of page Copyright © 2010- 2013| Agriculturproduct Converted into Blogger Template by Hack Tutors