Budidaya Tanaman Jagung Hibrida



Share on :

I.PENDAHULUAN
Di Indonesia jagung merupakan komoditi tanaman pangan penting, namun tingkat produksi belum optimal.maka dari itu kami akan membantu dalam teknis budidaya tanaman nya supaya hasilnya lebih optimal.

II.SYARAT TUMBUH
Curah hujan ideal sekitar 85-200 mm/bulan dan harus merata. Pada fase pembungaan dan pengisian biji perlu mendapatkan cukup air. Sebaiknya ditanam awal musim hujan atau menjelang musim kemarau. Membutuhkan sinar matahari, tanaman yang ternaungi, pertumbuhannya akan terhambat dan memberikan hasil biji yang tidak optimal. Suhu optimum antara 230 C - 300 C. Jagung tidak memerlukan persyaratan tanah khusus, namun tanah yang gembur, subur dan kaya humus akan berproduksi optimal. pH tanah antara 5,6-7,5. Aerasi dan ketersediaan air baik, kemiringan tanah kurang dari 8 %. Daerah dengan tingkat kemiringan lebih dari 8 %, sebaiknya dilakukan pembentukan teras dahulu. Ketinggian antara 1000-1800 m dpl dengan ketinggian optimum antara 50-600 m dpl


III.TEKNIS BUDIDAYA
A.Pengolahan tanah
Alternatif I
-Pada lahan bekas sawah dibuat alur tanaman menggunakan bajak dengan jarak 80 cm
-pembuatan saluran air disesuaiakan dengan panjang lahan.

Alternatif II
-olah tanah I dilakukan 5 hari sebelum tanam,dengan cara bajak sistem kering,
-pengolahan tanah II dilakukan 2 hari sebelum tanam dengan cara dibajak berlawanan dari arah pengolahan I serta digaru/diratakan.
-dibuat alur tanaman dengan jarak 80 cm,
-pembuatan saluran air disesuaiakan dengan panjang lahan.


B.Persiapan Tanam
-Dosis untuk pupuk tanaman jagung hibrida 270 kg Phonska,270 kg urea,dan 500 kg -petroganik/hektar,atau disesuaikan dengan PH tanah yang mau ditanam jagung.
-untuk kebutuhan benih perhektar antara 20-25 kg.


C.PENANAMAN
Jarak tanam untuk tanaman jagung adalah 80cm X 40cm(2 tanaman) atau 80cm X 20cm (1Tanaman)populasi tanaman 62.500 per hektar.


D.PUPUK DASAR
Pupuk dasar berupa 500kg Petroganik,135kg Phonska,dan 65kg Ureaper ha diberikan saat tanam dengan cara ditugal disamping benih dalam baris tanaman dengan jarak 10cm,lubang yang sudah di beri pupuk kemudian di tutup kembalui dengan tanah.

E.PUPUK SUSULAN
-Pupuk susulan I diberikan pada umur 15 HST dengan dosis 135kg Phonska + 70kg Urea,
-Pupuk susulan ke II diberikan saat umur 30 HST dengan dosis 135kg Urea per ha.pupuk diberikan dengan cara ditugal disamping tanaman dalam baris tanaman dengan jarak 10cm,lubang yang sudah di beri pupuk kemudian di tutup kembali dengan tanah.

Jenis,takaran,dan waktu pemupukan


Jenis Pupuk
Takaran
(kg/ha)
Takaran dan waktu pemupukan
Dasar
0 HST
Susulan I
15 HST
Susulan II
30 HST
Petroganik
500
500
-
-
Phonska
270
135
135
-
Urea
270
65
70
135
Jumlah
1,040
700
205
135

F.PEMELIHARAAN
-Pengairan dilakukan seminggu sekali tergantung kondisi.
-Penyiangan dilakukan sebelum pemupukan susulan I dan II
-Pembubunan dilakukan bersamaan pemupukan I dan II


G.PENGENDALIAN HAMA DAN PENYAKIT
Pemberantasan hama dan penyakit dilakukan secepat mungkin begitu diketahui ada serangan.

H.PANEN DAN PASCA PANEN
Panen dilalakukan pada saat umur 100-110 HST,di tandai dengan klobot yang sudah kering,biji jagung mengkilap dan keras dan bila ditekan kuku tidak meninggalkan bekas.panen dengan cara mengupas kelobot jagung dilahan dan mengambil tongkolnya,tongkol segera di jemur sampai kering kemudian di pipil dan di sortasi guna memisahkan biji yang baik dan yang rusak.
Produksi 6-8 ton per ha pipilan kering atau tergantung Varietas.


Artikel Terkait:



30 komentar:

  1. O ya Mas Bro, maaf numpang tanya, seandainya kita punya lahan dan digunakan untuk budi daya tanaman jagung, setahun berapa kali bisa panen ya? dengan asumsi cuaca normal.
    Terimakasih sebelumnya Mas Bro

    BalasHapus
  2. Terima kasih Sudah berkunjung

    @Made Budi :kalau kondisi normal bisa sampai 3 X bli,atau bisa juga tergantung dari farietas benih yang mau di tanam.karena setiap benih umurnya berbeda-beda.tapi pada umumnya umur jagung 100 -110 hari.

    BalasHapus
  3. mantap nih gan .. luas yang dibutuhkan minimal ? dan BEP kira tercapai gak ya

    BalasHapus
  4. @Joss Bloger :luas yang di butuhkan minimal 1 ha gan,supaya BEP tercapai harga minimal harus Rp.1.300/kg.ya kalau dibawah itu balik modal gan kecuali dalam 1 ha bisa menghasilkan 8-10 ton.hehehe

    BalasHapus
  5. waduh..saya suka banget nih mas ama blognya coz artikelnya tentang pertanian, selain itu pula ayah dari seseorang yg aku sayang ini adalah petani jadi gag ada salahnya deh kalo saya dikit" bisa membantu lewat blog ini..ditunggu mas artikel lainnya, semoga aja sangat bermanfaat oleh teman" lain

    salam dari sahabat baru, ^^

    oh iya, dirumah ada 2 award mas yg ke IV dan V, memang gag saya sebutkan namanya tp bleh kok diambil

    BalasHapus
  6. @Horier :terima kasih mas,salam untuk ayah ya.??dan terima kasih juga untuk dukungan nya.

    Untuk Award nya saya ucapkan terima kasih mas.

    BalasHapus
  7. info menarik mas bro... di daerahku juga sekarang petani banyak yang beralih menanam jagung karena hasil yang di capai lebih banyak dari tanaman Polowijo lainnya.. cuma sayang petani tidak bisa mengontrol harga.. saat panen raya.. harga pasti turun

    BalasHapus
  8. @Cepu :terima kasih mas,selain yang mas sebutkan diatas cara perawatan dan penanaman juga mudah,:D:D:D
    kalau masalah harga itu sudah jadi hukum dagang mas,jika barang banyak dan yang mencari sedikit makan akan murah,bukan hanya pada hasiltanaman jagung saja.

    BalasHapus
  9. mantaaap nih informasinya kawan , sungguh bermanfaat ^_^

    BalasHapus
  10. datang di sini kawan :) :) :)

    BalasHapus
  11. Saya suka banget artikel yang menyangkut pertanian, terima kasih sudah berbagi informasi mengenai jagung hibrida.

    BalasHapus
  12. jagung sangat kaya manfaat gan
    bisa juga digunakan untuk obat sakit tentunya

    BalasHapus
  13. wah.. nice posting, lengkap dengan takaran pupuknya. Cocok nih diterapkan di kota parapat :D

    BalasHapus
  14. @Obat Sakit 2011@ Obat Sakit 2011 :betyl gan salah satunya untuk obat campak.

    @Naga:sip gan,,,silahkan.

    BalasHapus
  15. Wah, dapat ilmu lagi nih tentang budidaya tanaman, trims dah sharing kawan Salam kenal :D

    BalasHapus
  16. mohon dapat diinformasikan berapa biaya tanam jagung hibrida diluar biaya tanah

    BalasHapus
  17. Saya baru saja panen jagung hibrida luas 1 ha, jumlah jagung pipilan yang digiling mencapai 9 ton x rp 2.225 = sekitar 20 juta. biaya diluar sewa lahan 8 juta jadi untung 12 juta, masa panen 5 bulan jadi jagung saya sdh tua sekali. Salam Fendi

    BalasHapus
  18. mas brow kalau untuk mengatasi penyakit putih pada daun jagung apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk tahap awal coba gunakan Acrobat atau cabrio sob.

      Hapus
  19. Bibutuhkan segera Stok biji jagung pipil hibrida untuk pakan ternak, harga 2000/kg sampai ditempat, Dibutuhkan skala besar Ribuan TON sampai PULUHAN RIBU TON.bagai yang memiliki stoknya segera hub kontak :

    NOHP:087739399029
    BBM : 213E45E0
    KAMARUDIN

    BalasHapus
  20. Slm kenal mas
    Kebtulan sy punya lahan kosong 1 hktr,,setelah mlht artikelnya sy brmnt utk mmbuka kebub jagung utk pipilan.kira2 brp harga bibit perkilonya,dimana n merk apa yg recomended agar hasilnya lebih maksimasal.trima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. harga benih perkilo tergantung dari dimana anda berdomisili,dan untuk merek saya sarankan untuk konsultas dengan PPL setempat.

      terima kasih sudah berkunjung di blog ini.

      Hapus
  21. mantap informasinya... makasih

    BalasHapus
  22. mantap untuk postingannya mas.

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungannya.

Mari kita budayakan untuk saling berkomentar,baik cacian,makian,hinaan juga boleh asal jangan spam ya.?dan Usahakan komentar tidak masuk kotak spam.!

Tapi maaf lho komentar yang berisi link hidup atau mati tidak akan ditampilkan.

Terima Kasih.

 

Visitors

Free counters!

BackLink

Ping your blog, website, or RSS feed for Free This page is geo-coded Top 100 Education Sites on Top100Add.com - Add your Site, Boost Your Traffic! PageRank Personal Blogs
W3 Directory - the World Wide Web Directory DMCA.com free web site traffic and promotion Top 100+
Return to top of page Copyright © 2010- 2013| Agriculturproduct Converted into Blogger Template by Hack Tutors