Mengenal Tanaman Buah Naga



Share on :


Siapa sih yang tidak mengenal buah ini.? Selain rasanya manis buah ini memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi daging buahnya ada yang merah ada juga yang putih.yap...buah tersebut adalah Buah naga (Inggris: pitaya) adalah buah dari beberapa jenis kaktus dari marga Hylocereus dan Selenicereus. Buah ini berasal dari Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan namun sekarang juga dibudidayakan di negara-negara Asia seperti Taiwan, Vietnam, Filipina, Indonesia dan Malaysia. Buah ini juga dapat ditemui di Okinawa, Israel, Australia utara dan Tiongkok selatan. Hylocereus hanya mekar pada malam hari.
Pada tahun 1870 tanaman ini dibawa orang Perancis dari Guyana ke Vietnam sebagai tanaman hias. Oleh orang Vietnam dan orang Cina buahnya dianggap membawa berkah. Oleh sebab itu, buah ini selalu diletakkan di antara dua ekor patung naga berwarna hijau di atas meja altar. Warna merah buah terlihat mencolok di antara warna naga-naga yang hijau. Dari kebiasaan inilah buah itu di kalangan orang Vietnam yang sangat terpengaruh budaya Cina dikenal sebagai thang loy (buah naga). Istilah Thang loy kemudian diterjemahkan di Eropa dan negara lain yang berbahasa Inggris sebagai dragon fruit (buah naga).

Varietas Buah Naga

Untuk saat ini buah naga memiliki 4 varietas yang dibudidayakan yaitu:
•Hylocereus undatus, yang buahnya berwarna merah dengan daging buah putih.
•Hpolyrhizus,yang buahnya berwarna merah muda dengan daging buah merah.
•Selenicereus megalanthus dengan kulit buah kuning dan daging buah putih.
•Hylocereus costaricensis, buah naga dengan warna buah yang sangat merah.

Manfaat buah naga

Selain rasanya yang manis menyegarkan, buah naga kaya akan manfaat. Banyak orang percaya buah ini dapat menurunkan kolesterol dan penyeimbang gula darah. Belum ada penelitian tentang manfaat buah ini, namun karena asalnya dari jenis buah kaktus dipercaya buah naga mengandung vitamin C, beta karoten, kalsium, dan karbohidrat. Buah naga mengandung serat yang tinggi sebagai pengikat zat karsinogen penyebab kanker dan memperlancar proses pencernaan.

Sumber refrensi :Google
:Wikipedia




Artikel Terkait:



27 komentar:

  1. wah boleh juga nih manfaatnya. bisa buat pertimbangan kalo2 ada yang memerlukan untuk menurunkan kolesterol atau ada problem gula darah.

    BalasHapus
  2. jadi semakin kenal dengan tanaman buah naga sobat, pengen beli tapi gak ada dijual di daerah saya soabat...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nanti saya post tentang budidayanya om,supaya bisa nanam dan bisa jualan.jadi gak perlu beli lagi.

      Hapus
    2. Buah naga jika di jus dan biasanya dicampur dengan susu dan diminum disiang hari sungguh menyegarkan. Syukurlah di daerah saya Mempawah-Kalbar ada petani Buah Naga ini, jika dilihat dari buahnya mungkin jenisnya adalah Hylocereus costaricensis.
      Trims untuk informasinya mas agri. sukses selalu ya...

      Hapus
  3. saya sering denger bang, termasuk pula khasiatnya yang banyak. tapi saya ko belum pernah makan langsung ya. hanya liat di TV aja isinya sperti itu, pengen rasanya. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. waw.masa sich om.?gak percaya aku.

      Hapus
    2. Wong aku aja belum pernah makan buah ini juga om -_- katanya harganya lumayan mahal ?

      Hapus
    3. iya gan harganya lumayan mahal dan rasanya juga enak.:)

      Hapus
    4. jadi tambah penasaran, yaudah mau beli ah hehe

      Hapus
  4. di tempat saya banyak buah naga tapi belum dimanfaatkan.

    BalasHapus
  5. info yang bagus sob.......

    BalasHapus
  6. . . buah naga, kesukaan mama aq nich. he..86x. tapi kalo aq gak suka. rasa kayak gimana gitu. huhh. upzZz,, kata sodara aq juga buah naga itu emank untuk mengurangi kolesterol. ternyata sama ya?!? he..86x . .

    BalasHapus
  7. Jujur saja aku belum pernah merasakan seperti apa rasanya buah naga ... hehehe . semoga nanti aku bisa merasakan juga rasanya buah naga itu.

    BalasHapus
  8. dulu saya penasaraaaan banget gimana rasanya buah naga,,, maksa2in deh beli walaupun harganya mahal,, lumayan enak sih,, kalau menurut lidah saya, seperti rasa jambu batu,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tanaman ini ditempat saya sudah mulai menyebar gan.dan alhamdulillah saya sudah menanamnya.:)

      Hapus
  9. ini buah yang banyak banget manfaatnya kang. sayangnya untuk budidaya butuh dana mahal, walaupun memang hasilnyapun menggiurkan.


    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak begitu mahal kalo menurut saya kang.

      Hapus
  10. lawas ngga mampir silaturahmi kesini, rumah baru kang?
    maju terus petani "Naga"

    BalasHapus
  11. lebih enak dbikin juzz gan... tambahin jeruk nipis dikit :-D seggerrr

    BalasHapus
  12. artikel menarik, mampir di http://gardenmaterial.blogspot.com, dan google friend conect, trimakasih

    BalasHapus
  13. Nama buahnya horor, tapi rasanya segar

    BalasHapus
  14. Informasi budidayanya sekalian dong bro

    BalasHapus
  15. wah jadi lebih tambah pengetahuan nih tentang buah naga, dari mana asalnya,rasanya,jenis warna+dapat menghilangkan berbagai macam penyakit,terutama kolesterol n melan carkan BAB n masih bnyak lg manfaatnya, wah perlu n kembangkan n d lestarikan tuh agar tdk punah txs gan atas infonya,infonya sangat ber manfaat, salam kenak,sukses selalu

    BalasHapus
  16. Buah naga memang enak, bikin jus dicampur dengan susu waduh sob, nikmat banget. Kebetulan di Mempawah banyak yang tanam, sehingga mudah mencarinya. jus jadi 1 gelas 5rb. Oh... ya, follow sukses no. 237, follback ya...

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungannya.

Mari kita budayakan untuk saling berkomentar,baik cacian,makian,hinaan juga boleh asal jangan spam ya.?dan Usahakan komentar tidak masuk kotak spam.!

Tapi maaf lho komentar yang berisi link hidup atau mati tidak akan ditampilkan.

Terima Kasih.

 

Visitors

Free counters!

BackLink

This page is geo-coded PageRank Personal Blogs
W3 Directory - the World Wide Web Directory DMCA.com free web site traffic and promotion
Return to top of page Copyright © 2010- 2013| Agriculturproduct Converted into Blogger Template by Hack Tutors