Hama Dan Penyakit Utama Tanaman Tomat

1.Ulat Buah (Helicoverpa armigera)
Ulat tidak hanya menyerang tanaman tomat,tetapi juga bisa menyerang tanaman lain seperti bunga,daun hingga batang tanaman.Ulat menyerang buah tomat dengan cara melubangi buah tomat.buah yang terserang akhirnya busuk dan rontok.


2.Kutu Daun (Myzus persicae)
Kutu ini bisanya hidup berkelompok,menghisap cairan daun muda dan bagian tanaman yang masih muda(pucuk).Cairan yang dikeluarka kutu ini mengandung madu,sehingga mendorong timbulnya embun jelaga pada daun yang dapat menghambat fotosintesis.
Dampak langsung serangan hama ini adalah tanaman menjadi keriput,tumbuh kerdil,warna daun kekuningan,terpelintir,layu dan mati.Secara tidak langsung kutu ini merupakan vektor lebih dari 150 strain virus.Kutu dewasa berwarna kuning atau hijau dengan ukuran 1,8-2,3 mm.Seekor kutu menghasilkan keturunan 50 ekor.lama hidup bisa berlangsung 2 bulan.


3.Penggorok Daun (Liriomyza sp)
Imago meletakkan telur di dalam daun setelah 2-8 hari menetas menjadi larva.larva berada didalam daun dan makan dengan caramenggorok daun,priode larvaa 4-6 hari dan kemudian menjadi pupa didalam tanah.lalat betina dapat menghasilkan teur sampai 600 butir.gejala serangan terlihat adanya garis-garis putih tidak beraturan dipermukaan daun.



4.Bercak Kering (Alternaria solani)
Cendawan ini dapat bertahan pada sisa-sisa tanaman sakit dan biji.Konodium mudah lepas terbawa angin dan dapat disebarkan oleh angin,suhu optimum perkecambahan konodium adalah antara 28-30 derajat celcius.Patogen dapat menyerang bibit dan tanaman muda,gejala dapat terlihat pada batang daun dan buah seperti bercak bulat kecil berwarnacoklat tua sampai hitam,disekitar bercak nekrotik terdapat halo sempit.pada serangan berat terdapat banyak bercak dan daun gugur sebelum waktunya.

5.Busuk Daun (Phytoptora infestan)
Kelembaban tinggi dan suhu rendah didataran tinggi sangat ideal untuk perkembangan penyakit ini,cedawan hanya membentuk sepora pada kelembaban tinggi dengan suhu optimum 18-22 derajat celcius.Cendawan dapat menyerang tanaman di semua stadia pertumbuhan tanaman.Gejala awal berupa berck basah pada tepi daun atau tengah daun.Bercak didikelilingi oleh masa sporangium yang berwarna putih.Serangan dapat melebar ke batang,tangkai dan Buah.

Post a Comment

15 Comments

  1. Ternyata tidak mudah merawat tanaman tomat ya mas bro :) banyak juga serangan penyakitnya ya? Terus bagaimana dengan cara pencegahannya agar supaya tanaman tomat dapat tumbuh dengan baik tanpa serangan berbagai penyakit tersebut?

    ReplyDelete
  2. iya sob.:)harus dicegah secara pengendalian hama terpadu sob.:)

    ReplyDelete
  3. . . wachhhhhhhh,, seandenya punya tanaman tomat. pasti dech bikin jus tomat terus. he..86x . .

    ReplyDelete
  4. kira2 ada cara untuk mengatasinya dengan alami ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada gan,silahkan baca ppstingan saya menaenai pembuatan pestisida alami.

      Delete
  5. tapi kata orang, klo ada ulat berarti itu tanaman sehat gan. klo ga ada hama, berarti itu banyak pestisida. berarti ga cocok untuk manusia karena banyak racun. hehehe. pandangan awam

    ReplyDelete
  6. hary andreas......!~~~September 17, 2012 at 6:31 PM

    met sore...!~
    saya ada sedikit mau bertanya,.. terlebih dahulu saya menjelaskan masalah tomat didaerah saya ( sumatra utara daerah berastagi).. pada umur tomat 2 minggu setelah di bedengan mulsa, tanaman tomat diserang... sehingga terjadi bintik bintik hitam pada batang, daun yg kena serangan akan keliatan seperti kena antraknosa padahal bukan...serangan ini terus bertambah sampe ke buah,... jika serangan sudah mengenai buah,.... buah akan tidak berbentuk sempurna,.....keliatan seperti wajah yang banyak tai lalat,.......!~
    padahal hampir semua pectisida, bakterisida,.. serta fungisida sudah kami aplikasi kan.. tetapi tidak mengurangi serangan bintik hitam .........moga kiranya bpk/ ibu Agriculture Product bisa membantu,........ kami disini sangat mengharapkannya keterangan atau cara mengatasinya.. terima kasih....

    ReplyDelete
    Replies
    1. baru-baru ini saya melakukan riset lagi tentang penyakit jenis ini dan ternyata penyebabnya adalah bakteridan jamur.pemakaian fungisida dan bakterisida yang tepat akan membantu mengurangi masalah ini.jika ada kendala lagi silahkan hubungi saya lewat email di contac us.

      Delete
  7. Sore sobat,hal tersebut sama jugaa terjadi didaerah saya sumatera barat.cara pengendaliannya menurut pengalaman saya,gunakan insektisida berbahan aktif dimetoat dan campur dengan regent 50 sc aplikasi pada pagi hari.aplikasikan dengan interfal 2 hari.silahkan dicoba.:)

    ReplyDelete
  8. kasian tu tomatnya... gak bs buat nyambel kl kena hama...

    ReplyDelete
  9. ada tidak artikel yang menjelaskan kentang dan tomat atau tomtang? salam kenal

    ReplyDelete
  10. repot juga ternyata menanam tomat,

    ReplyDelete
  11. makasih bos untuk infonya semoga selalu bertambah sukses.

    ReplyDelete
  12. mlm met, saya petani tomat di sumatera utara kab humbahas minta petunjuk,karena tomat saya rusak busuk tangkai buah dan busuk pantat dan buah dimakan ulat,apa solusinya?? trimakasih.

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya.

Mari kita budayakan untuk saling berkomentar,baik cacian,makian,hinaan juga boleh asal jangan spam ya.?dan Usahakan komentar tidak masuk kotak spam.!

Tapi maaf lho komentar yang berisi link hidup atau mati tidak akan ditampilkan.

Terima Kasih.