Pengapuran Tanah Asam

Kata “asam”dan “basa” untuk tanah erat kaitaannya dengan reaksi tanahnya.Reaksi tanah asam atau netral dilambangkan dengan pH (potential of hydrogen)yaitu derajat dari keasaman dari tanah.Reaksi ini perlu sedikit disinggung kaena kesuksesan dari membudidayakan tanaman ini tergantung pada derajat keasaman tanah itu sendiri.
Seandainya tanah diibaratkan makanan,kelezatannya tergantung pada garamnya.Jika garam yang dibubuhkan terlalu banyak maka makanan akan terasa asin,sebaliknya jika garamnya terlalu sedikit ,maka makanan itu terasa hambar.Walapun bumbu makannya sudah sempurna tetapi jika garamnya terlalu banyak atau sedikit maka kelezatan makannanya akan berkurang.

Tanah pun demikian halnya.jika tanahnya terlalu asam atau terlalu basa maka tanaman akan tumbuh kurang sempurna sekalipun masih bisa tumbuh dan menghasilkan buah.Memang ada beberapa jenis tanaman tertentu yang suka dengan tanah yang asam atau basa.Namun kebanyakan tanah di Indonesiabersifat netral jadi orang pun jarang membicarakan mengenai tanaman tersebut.

Secara alami,tanah asam unumnya ditemukan didataran tinggi,lahan-lahan yang baru dibuka,dan tanah yang sistim pengairan atau irigasinya tidak baik.Namun ,belakngan ini tanah pertanian yang dulunya netral berubah menjadi asam akibat cara pembudidayaan yang dilakukan pada tanah tersebut .Biasanya tanah yang dapat berubah jadi asam karena ditanami secara terus menerus,pengolahan tanah intensif,dan bahkan diikuti dengan pemakaian pupuk anorganik secara terus menerus.

Post a Comment

17 Comments

  1. tanah yang baik untuk menanam tanaman itu yang banyak asam, basa, atau sama porsinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo yang bagus adalah tanah netral sob,yaitu pH nya 7.tetapi tanah yang netral jarang,jadi pH berkisar antara 5,5 -7 itu sudah bagus untuk menanam tanaman hortikultura.

      Delete
  2. betul sob,
    air yang layak diminum harus netral...

    btw. RADI FULL versinya sudah terbit sob, bisa di 4 browser ini hasil testku...

    wilujeng ngeblog

    ReplyDelete
  3. informasiny sangat bermanfaat yah

    ReplyDelete
  4. tanah asam dikapur biar segera bisa gembur gan ya
    Kalau dikapur apa tidak ada efek sampingnya itu gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tujuan dari pemberian kapur adalah untuk menetralkan pH tanah sob,jika pemberian sesuai takaran/dosis tidak ada efek negatifnya.Tapi jika pemberiannya banyak (secara berlebih) maka tanah yang dulunya asam bisa menjadi basa.

      Delete
  5. Hi, Nice post thanks for sharing. Would you please consider adding a link to my website on your page. Please email me back.

    Thanks!

    Randy
    randydavis387@gmail.com

    ReplyDelete
  6. artikel yang sangat menarik sekali sobat mengenai pengapuran asam tana sobat...

    ReplyDelete
  7. Sebelum kita melakukan penanaman misalnya, bagaimana caranya untuk mengetahui bahwa tanah tersebut terlalu asam atau basa? happy blogging mas bro :)

    ReplyDelete
  8. asikk gue malah nyasar ke blog ini :D

    ReplyDelete
  9. tau ga penyebab kenapa ph tanah yg tadinya 5 bisa turun menjadi 4?

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya.

Mari kita budayakan untuk saling berkomentar,baik cacian,makian,hinaan juga boleh asal jangan spam ya.?dan Usahakan komentar tidak masuk kotak spam.!

Tapi maaf lho komentar yang berisi link hidup atau mati tidak akan ditampilkan.

Terima Kasih.