Budidaya Tanaman Stroberi



Share on :

PENDAHULUAN
Ada yang tidak suka dengan buah ini gak.?masih penasarankan buah apa itu.? Buah tersebut adalah buah Fragaria (ejaan Inggris: [frəˈɡeɪriə]) adalah genus tumbuhan berbunga dalam keluarga mawar, Rosaceae, yang dikenal secara umum dengan nama stroberi karena buahnya yang bisa dikonsumsi. Ada lebih dari 20 spesies dan banyak hibrida dan kultivarnya. Stroberi yang paling sering dibiakkan adalah stroberi kebun (Fragaria ×ananassa). Stroberi adalah buah komersial yang sangat penting, yang dibiakkan di berbagai belahan dunia.
Ada lebih dari 20 spesies Fragaria di seluruh dunia. Kunci pengelompokan spesies stroberi ini adalah berdasarkan jumlah kromosomnya. Ada tujuh jenis kromosom utama yang terdapat di seluruh spesies. Beberapa spesies adalah diploid yaitu mempunyai dua pasang dari ketujuh kromosom menjadikan jumlahnya 14 kromosom. Yang lainnya merupakan tetraploid yaitu memiliki empat pasang dari ketujuh kromosom menjadikan jumlahnya 28 kromosom, hexaploid (6 pasang), oktoploid (8 pasang) atau dekaploid (10 pasang).
Jika ingin jelasnya berikut ini klasifikasi ilmiah dari stroberry:

Klasifikasi ilmiah

Kerajaan :Plantah

Divisi :Magnoliophyta

Kelas :Magnoliopsida

Ordo :Rosales

Famili :Rosaceae

Upafamili :Rosoideae

Bangsa :Potentilleae

Upabangsa :Fragariinae

Genus :Fragaria


SYARAT PERTUMBUHAN
Lama penyinaran matahari 8 - 10 jam hari. Curah hujan berkisar 600 700 mm pertahun. Suhu udara optimum antara 17°C - 20°C dan suhu udara minimum antara 4°C - 5°C dengan kelembaban udara 80% - 90%.Ketinggian tempat yang ideal antara 1000-2000 m dpl

PENGOLAHAN LAHAN
Sebelum lahan dibajak digenangi air lebih dahulu semalam. Keesokan harinya dilakukan pembajakan sedalam sekitar 30 cm, setelah itu tanah dilakukan pengeringan baru dihaluskan.

PEMBENTUKAN BEDENGAN
Bentuk bedengan dengan ukuran lebar 80-120 cm, tinggi 30 - 40 cm, jarak antar bedengan 60 cm, panjang menyesuaikan keadaan lahan.

PENGAPURAN
Berikan dolomit sekitar 100-200 kg per 1000 m2 atau bisa disesuaikan dengan kondisi lahan.

PEMUPUKAN DASAR
Taburkan pupuk UREA 20 kg + TSP 25 kg + KCl 10 kg dan Pupuk kandang 2-3 ton dalam 1000 m2

PEMASANGAN MULSA
Pemasangan mulsa plastik pada saat matahari terik agar mulsa dapat memuai sehingga dapat tepat menutup bedengan dengan tepat.

PEMBUATAN LUBANG TANAM
Diameter lubang ± 10 cm, dengan jarak lubang 30 - 50 cm. Model penanaman dapat berupa dua baris berhadap-hadapan membentuk segi empat.

CARA PENANAMAN
Pindahkan bibit beserta medianya, sebaiknya bibit dikondisikan selama sebulan sebelum tanam di kebun,dan saat penanaman usahakan perakaran tidak rusak saat membuka polibag.

PENYULAMAN
Penyulaman paling lambat 15-30 hari setelah tanam, pada sore hari dan segera disiram.

PENYIANGAN
Penyiangan dilakukan pada gulma/ rumput liar yang menyaingi kehidupan tanaman

PEMANGKASAN
Dilakukan pada sulur yang kurang produktif, rimbun, serta pada bunga pertama untuk memperoleh buah yang prima.

PEMUPUKAN SUSULAN
Pupuk diberikan pada umur 1,5 - 2 bulan setelah tanam dengan NPK (16-16-16) sebanyak 5 kg yang dilarutkan dalam 200 liter air, kemudian dikocorkan sebanyak 350-500 cc/ tanaman.


PENGENDALIAN HAMA DAN PENYAKIT

H A M A
a. Kutu daun (Chaetosiphon fragaefolii)
Bagian yang diserang : permukaan daun bagian bawah, kuncup bunga, pucuk atau batang muda. Gejala : pucuk atau daun keriput, keriting, kadang-kadang pembentukan daun atau buah terhambat. Pencegahan gunakan nsektisida Berbahan aktif abamektin atau klorfenapir.

b. TUNGAU (Tetranychus sp -Tarsonemus sp)
Bagian yang diserang: daun,tangkai, dan buah. Gejala :daun bercak kuning, coklat, keriting akhirnya daun rontok. Pencegahan gunakan nsektisida Berbahan aktif abamektin atau klorfenapir.

c. Kumbang penggerek bunga (Anthonomus rubi), kumbang penggerek akar (Othiorhychus rugosostriatus), kumbang penggerek batang (O. Sulcatus)
Gejala serangan : adanya bubuk berupa tepung pada bagian yang digereknya. Pencegahan Pencegahan gunakan nsektisida Berbahan aktif abamektin atau klorfenapir.gunakan secara bergantian.

PENYAKIT
a. Layu verticillium (Verticillium dahliae)
Bagian yang diserang: mulai dari akar, daun, hingga tanaman. Gejala : daun yang terinfeksi mula-mula berwarna kuning hingga kecoklatan, serangan berat akan mengakibatkan kematian pada tanaman. Pengendalian : perbaikan drainase, sanitasi kebun,

b. Busuk buah matang/Ripe Fruit Rot (Colletotrichum fragariae Brook) Busuk Rhizopus/ Rhizopus spot ( Rhizopus stolonifer )
Bagian yang diserang : buah. Gejala : RFR yang khas hanya pada buah yang masak saja dengan buah busuk disertai massa spora berwarna merah jambu. Pada RS, buah busuk lunak, berair, bila dipijit keluar cairan keruh.
Pengendalian : musnahkan buah yang terinfeksi, perbaiki drainase kebun, pemulsaan, rotasi tanaman, Fungisida pada awal penanaman yang dicampur dengan pupuk kandang yang telah jadi.

c. Busuk akar ( Idriella lunata, Pythium ulmatum, Rhizoctonia solani)
Bagian yang diserang : akar tanaman. Gejala : Idriella menyebabkan ujung-ujung akar tanaman berwarna hitam dan busuk, sedangkanPhytium mengakibatkan batang batas akar di permukaan tanah busuk berwarna coklat hingga hitam. Sementara jamur Rhizoctonia mengakibatkan sistem perakaran busuk kebasah-basahan.
Pengendalian : cabut dan musnahkan tanaman yang terserang berat, tambahkan kapur untuk tanah, lakukan rotasi tanaman, perbaikan drainase tanaman, berikan fungisida berbahan aktif Pyraclostrobin 250 EC.

d. Empulur merah (Phytophtora fragrariae)
Bagian yang diserang : perakaran tanaman. Gejala : tanaman kerdil, daun tudak segar bahkan dapat layu, bila diamati akar dan pangkal batang yang terinfeksi pada empulurnya akan tampak berwarna merah.Penyakit ini mengakibatkan serangan hebat pada kondisi drainase jelek dan masam/pH rendah.
Pengendalian : perbaiki drainase, pengapuran tanah, rotasi tanaman, gunakan bibit yang sehat dan hindari luka mekanis pada pemeliharaan, musnahkan tanaman yang terinfeksi berat.

PANEN
Tanaman stroberi mulai berbunga pada umur 2 bulan setelah tanam. Namun pembuahan atau pembungaan pertama sebaiknya dibuang atau dipangkas karena belum bisa berproduksi secara optimum. Setelah tanaman berumur 4 bulan mulai diarahkan untuk lebih produktif berbunga dan berbuah.Panen dilakukan dengan dipetik atau digunting bagian tangkai buah beserta kelopaknya, dan dilakukan secara periodik dua kali seminggu.4.5


Artikel Terkait:



22 komentar:

  1. ou pantesan ga bisa di tanam di daerah sembarangan ya, harus di tempat yang rendah suhunya toh.

    BalasHapus
  2. "Suhu udara optimum antara 17°C - 20°C dan suhu udara minimum antara 4°C - 5°C dengan kelembaban udara 80% - 90%." Artinya ga bisa hidup di daerah yang panas ya bang? Oh yayayaya baru tau. :)

    BalasHapus
  3. kalau di dataran rendah bisa hidup gak sob?

    BalasHapus
  4. berarti hidupx didaerah dingin ya bro...??

    BalasHapus
  5. @nice ppt:Iya sob yang penting sich di dataran tinggi,itu kuncinya.
    @Hadi Kurniawan :Iya sob,kalo di dataran rendah tidak bisa,kecuali ada teknologinya nanti .:)

    BalasHapus
  6. @rumputilalang:Tidak bisa sob,ketinggian tempat supaya tanamannya bagus antara 1000-2000 dpl.
    @Rohis Facebook :Iya.:)

    BalasHapus
  7. sori kalau OOT, aku mau tanya sebenarnya strawberry itu ada yang manis banget ga sih tanpa ada asemnya sama sekali

    BalasHapus
  8. wah, ketinggiannya sama seperti tanaman cabe ya bang.... usul saja bang, artikelnya di jadikan E-Book kemudian di bagikan gratis ke petani daerah, pasti akan jauh lebih bermanfaat

    BalasHapus
  9. infonya menarik kawan..dan bermanfaat, apalagi strawberry sekarang sudah mulai banyak di pasaran :)

    BalasHapus
  10. @NF:Ada varietas baru yang memiliki rasa manis mbak,kemaren saya sudah nanam beberapa untuk uji cobanya.

    BalasHapus
  11. @deby putra bahrodin:Berbeda dong sobat,kalo untuk tanaman cabai bisa di dataran rendah yaitu dari ketinggian 50 dpl - 2000 dpl.tapi kalo tanaman ini (stoberry) harus di dataran tinggi.

    BalasHapus
  12. @BlogS of Hariyanto:Terima kasih kalo bermanfaat sobat,itu yang saya harapkan. :)

    BalasHapus
  13. bermanfaat nih artikel sob, saya lagi belajar bercocok tanam di kampung, lumayan punya sedikit lahan... cari benihnya dimana ya?

    BalasHapus
  14. @khazanah.info:Selama ini saya belum pernah menanam benihnya sob,biasanya saya menanam bibitnya yang saya dapatkan dari petani binaan saya.

    BalasHapus
  15. kemaren aku mengunjungi agrowisata di kotaku yang berada di lereng semeru, dan di sana strawberinya lagi nggak berbuah, padahal pengen metik tuh

    BalasHapus
  16. wah mantap mas bro, besok minta bibitnya 2 btg aja ya.

    BalasHapus
  17. kunjungan perdana.. salam kenal..

    BalasHapus
  18. @Didin Supriatna:Makasih kunjungannya sob,salam kenal kembali.:)

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungannya.

Mari kita budayakan untuk saling berkomentar,baik cacian,makian,hinaan juga boleh asal jangan spam ya.?dan Usahakan komentar tidak masuk kotak spam.!

Tapi maaf lho komentar yang berisi link hidup atau mati tidak akan ditampilkan.

Terima Kasih.

 

Visitors

Free counters!

BackLink

This page is geo-coded PageRank Personal Blogs
W3 Directory - the World Wide Web Directory DMCA.com free web site traffic and promotion
Return to top of page Copyright © 2010- 2013| Agriculturproduct Converted into Blogger Template by Hack Tutors