Mengendalikan Ulat Gerayak diTanaman Bawang


Ulat grayak sering kali menjadi momok bagi petani bawang merah. Kurang antisipatif terhadap hama ini, kerugian yang diperoleh karena hama dapat menurunkan hasil panen mencapai 40%.Ulat grayak alias ulat bawang disebut juga Spodoptera exigua termasuk hama terpenting pada tanaman bawang merah. Ulat ini termasuk hama yang sulit dikendalikan karena merusak tanaman pada bagian dalam daun sehingga keberadaannya sulit terlihat. Daun yang terserang hanya tinggal epidermisnya saja. “Kerusakan yang ditimbulkan sangat merugikan karena produksi berkurang secara signifikan bahkan dapat menyebabkan kematian seluruh tanaman apabila populasi tinggi,
Perkembangan populasi hama ini, sangat cepat terutama pada musim kemarau yang merupakan musim raya penanaman bawang merah. Antisipasi terhadap serangan ulat sangat diperlukan untuk mencegah timbulnya kerusakan tanaman, terutama saat awal musim tanam, dengan pemantauan dan pengendalian terhadap telur hama.
Untuk mengantisipasi merebaknya hama ini dapat di antisipasi dengan menggunakan Insektisida dengan efek IGR atau efek untuk memandulkan telur ulat sehingga telur tidak jadi menetas,Insektisida yang memiliki efek ini adalah Cascade,insektisida golongan Asefat seperti Orthane dan masih banyak lagi yang lainnya.

Post a Comment

17 Comments

  1. menarik infonya mas, bisa kita aplikasikan dilapangan tuh

    ReplyDelete
  2. dulu saya juga pernah beberapa waku berkecimpung di dunia pertanian om...., waktu itu saya di beri amanah sama pengasuh pondok saya untuk memasarkan sebuah produk pupuk organik cair , salam kenal ya om.... mudah2an bermanfaat...

    ReplyDelete
  3. @Abu Panatagama:Dunia pertanian itu memang asik gan (bagi saya)Salam kenal kembali,Aminnn.

    ReplyDelete
  4. wah begitu toh uraianya...semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  5. great article mas bro :) saling berbagi ilmu tentang pertanian.

    ReplyDelete
  6. predator ulat ini sering di buru begini dah akibatnya wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan diburu om,tetapi mati bersamaan saat membunuh ulat pada waktu aplikasi insektisida yang berlebih/tidak tepat dosis.

      Delete
  7. Bro tanaman saya Di serang ulat grayak Humana Gan solusinya?

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya.

Mari kita budayakan untuk saling berkomentar,baik cacian,makian,hinaan juga boleh asal jangan spam ya.?dan Usahakan komentar tidak masuk kotak spam.!

Tapi maaf lho komentar yang berisi link hidup atau mati tidak akan ditampilkan.

Terima Kasih.