Zat Pengatur Tumbuh

Penggunaan ZPT dimulai pada tahun 1932 ketika di temukan ethylene dan acethylene yang dapat meningkatkan pembunggaan pada tanaman Nanas.kemudian pada tahun 1934 ditemukan auxin yang berperan merangsang pertunbuhan akar tanaman.kini penggunaan ZPT dikalangan masyarakatsudah melas,dan berikut ini pembagian ZPT menurut penggunaannya.
1.AUXIN
Auxin digunakan pada buah-buahan untuk menambah produk pertanian.Auxin membantu dalam proses perakaran dan meningkatkan pembungaan,mekanisme kerjanya belum di ketahui secara menyeluruh.Diduga Auxin bekerja mengontrol pembesaran sel dengan suatu pelepasan dinding sel sehingga menambah perkuasan dinding sel.Contoh yang tergolong dalam Auxin ini adalah :IAA,2,4 D,MCPB,NAD,Iald,NAA, dan BNOA.2,4 D dengan kosentrasi yang rendah dapat mencegah kerontokan buah,menunda pemasakan,dan pembesar buah jeruk.
2.GIBBERLLINS
Gibberllins cara kerjanya adalah merangsang pembelahan sel atau perpanjangan sel.Penggunannya dimulai pada tahun 1957 dalam bidang horticultura.Gibberllins digunakan dalam meningkatka kekuatan cabang da meningkatkan hasil,mematahkan dormasi biji,memperbesar buah,menunda pemasakan buah,di samping itu bisa juga meningkatkan kualitas buah,Contoh gibberllins adalah gibbane dan GA.
3.CYTOKININS
Cytokinins berperan dalam pembelahan sel.Hampir semua cytokinins merupakan derivat adenine,cytokinins dikenal pda tahun1955.Contoh dari cytokinins alami adalah Zeatin dan 2iP sedangkan yang buatan adalah BA,PBA,adenine dan Kinetin.
4.ETHILENE GENERATOR
Golongan ini merupakan generasi ethylene yang digunakan untuk merangsang perkecambahan dan pertunasan pada tanaman tertentu.pengguguran daun,bunga dan buah,pengatur tumbuh,pemasakan buah dll.
5.INHIBITORS
Golongan ini dapat digunakan mencegah pertunasan pada bawang simpanan,ubi dll.serta dapat mencegah pertunasan pada tanaman tembakau dan memperpendek ruas batang.contohnya adalah mepiquat chloride (PIX) yang digunakan pada tanaman kapas untuk menghambat tinggi tanaman.chlormequat chloride dan ancymidol dapat mengurangi panjang buku-buku batang.

Post a Comment

17 Comments

  1. nice share gan,info yang bermanfaat sekali...kunjungan sore dan salam kenal,komeng baliknya ya gan..terimakasih

    ReplyDelete
  2. mantap gan
    yang penting dosis haruslah tepat agar terjadi pertumbuhann yang ideal

    ReplyDelete
  3. @obat sakit 2011 :Bener sekali kang,segala sesuatu jika berlebih bukan kah tidak bagus.heheheh

    ReplyDelete
  4. Hebat mas bro, anda memang expert dibidang ini. Thanks atas sharing artikel yang bermanfaat ini.

    ReplyDelete
  5. wah sangat menarik untuk di simak infonya gan...

    ReplyDelete
  6. nice info sob.., btw kita tukaran link ya.., link sobat dah aq pasang *smile

    ReplyDelete
  7. waahhh... ternyata ada juga ya zat yang dapat menghambat atau mempercepat tanaman untuk tumbuh.. baru tau saya *,*

    ReplyDelete
  8. Ew, rata2 udah menggunakan bahan kimia yah gan ckck, udah ga alamiah

    ReplyDelete
  9. @Blog Panik:iya gan hal ini dilakukan karena untuk meningkatkan hasil tanaman.

    ReplyDelete
  10. om aku copas zpt artikel ini saya butuh banget buat posting ku, hehe lagi buntu, pi jangan kwatir link nya aku pasang kok

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya.

Mari kita budayakan untuk saling berkomentar,baik cacian,makian,hinaan juga boleh asal jangan spam ya.?dan Usahakan komentar tidak masuk kotak spam.!

Tapi maaf lho komentar yang berisi link hidup atau mati tidak akan ditampilkan.

Terima Kasih.