BUDIDAYA TANAMAN SELEDRI



Share on :

1.PENDAHULUAN
Siapa yang tidak mengenal Seledri atau dalam bahasa latin bisa di sebut Apium graveolens L Family Apiacae
tanaman ini memiliki batang tegak tingginya bisa mencapai 25-30 cm,tanaman ini bisa di tanam di dataran rendah atau dataran tinggi menyukai  tempat yang lembab dan subur.
Selain sebagai bumbu masak tanaman ini banyak mengandung vitamin A, C, dan zat besi., dan berkhasiat sebagai obat rematik dan menurunkan tensi darah tinggi.


2.SYARAT TUMBUH
Seledri merupakan tanaman dataran tinggi yang dapat tumbuh baik pada kisaran suhu 7-16° C. Tanah yang baik untuk areal penanamannya adalah yang subur dan gembur dengan pH 5,5-6,8.

3.TEKNIS BUDIDAYA

3.1PERSEMAIAN
 Seledri dikembangbiakkan dengan biji. Oleh karena itu, untuk mendapat pertumbuhan dan produksi yang baik, maka harus ditunjang dengan benih yang baik pula. Beberapa jenis seledri seperti parsley dan celery, bibitnya umumnya didatangkan dari luar negeri. Sebelum disemaikan, sebaiknya biji seledri direndam dalam air dengan suhu 50°C dan bisa ditambah dengan pestisida yyang berbahan Fipronil  selama 15 menit untuk merangsang perkecambahan. Benih-benih ini kemudian ditaburkan pada alur-alur dalam kotak atau bedeng persemaian. Jarak antaralur 2 cm dan dalamnya 0,5 cm. Alur lalu ditutup setipis mungkin dengan tanah agar mudah berkecambah.

3.2 PENGOLAHAN TANAH
 Pengolahan tanah dilakukan sebelum tanaman di persemaian dipindahkan ke lahan. Tanah dibajak atau dicangkul, diberi pupuk kandang sebanyak 15 ton/ha,selain pemberian pupuk kandang juga ditambahkan pupuk kimia yaitu urea 435 kg/ha, TSP 400 kg/ha, dan KCl 300 kg/ha.setelah itutanah digemburkan, serta dibuat bedengan-bedengan. Lebar bedengan 1 m dan panjangnya disesuaikan dengan keadaan lahan. Bedengan-bedengan itu kemudian disiram dengan air secukupnya, lalu didiamkan selama seminggu sehingga reaksi-reaksi di dalam tanah menjadi stabil.

3.3 PENANAMAN 
Setelah berumur 2 minggu, bibit seledri sudah dapat dipindahkan ke bedengan yang telah disiapkan. Jarak tanam yang digunakan tergantung jenisnya, tetapi umumnya digunakan jarak tanam (20 x 20) cm.

3.4.HAMA DAN PENYAKIT

3.4.1.HAMA
Hama yang sering menyerang pertanaman seledri adalah sebagai berikut. NEMATODA Bagian tanaman yang diserang adalah akar sehingga tampak berbintil-bintil besar atau kecil. Keadaan ini akan mengganggu aktivitas akar dalam penyerapan air dan unsur-unsur hara yang diperlukan tanaman. Serangan yang berat pada saat tanaman muda dapat menyebabkan tanaman tumbuh kerdil. Hama ini dapat dikendalikan dengan insektisida berbahan aktif karbofuron dosis 20 kg/ha . KUTU DAUN (APHID) Hama ini menimbulkan kerusakan pada daun. Daun muda yang terserang menjadi kuning dan akhirnya mengering. Akibatnya, pertumbuhan tanaman terhambat. Hama ini dapat diberantas dengan insektisida Berbahan aktif abamektin dengan dosis 0,5-1 ml/l air.

3.4.2.PENYAKIT
 Penyakit pada seledri berupa bercak-bercak klorosis dan nekrosis yang bisa meluas pada daun dan tangkai daun. Pada bagian yang mengalami nekrosis tampak bintik-bintik hitam. Sedangkan pada tangkai daun bercak cokelat tampak memanjang. Penyakit ini dinamakan late night yang disebabkan oleh cendawan Septoria sp penyakit ini bisa di kendalikan dengan fungisida berbahan aktif pyraclostobin atau fungisida dari golongn stobilurin.. Penyakit lain yang juga sering menyerang adalah bakterial soft rot yang disebabkan oleh Erwinia carotovora. Penyakit ini dapat dikendalikan dengan penyemprotan fungisida berbahan aktif mankozeb atau simoksanil. Namun, jika tanaman telah terserang, sebaiknya dicabut dan dimusnahkan.

4.PANEN DAN PASCA PANEN
Seledri mulai dapat dipanen pada umur 6-8 minggu setelah tanam. Yang dipanen adalah daun yang tidak terlalu tua dan tidak terlalu muda. Parsley dapat dipanen beberapa kali hingga mencapai umur maksimum 5 bulan, biasanya satu tanaman dapat dipanen 6-8.helai daun. Sedangkan celery dipanen dengan cara dipotong pangkal batangnya tepat di atas akar.



Artikel Terkait:



28 komentar:

  1. Boleh juga tuh nanam selidri buat bahan campur indomie
    he he he

    blogeke

    BalasHapus
  2. @Blogoke:wah..di sini dg nanam seledri bisa bikin rumah mewah gan...emang sih kayknya sepele.hehehhe

    BalasHapus
  3. nice posting sahabat bermanfaat tuk menambah wawasan, salam

    BalasHapus
  4. @Maei Berbagi:terima kasih sudah berkunjung sob..terima kasih..

    BalasHapus
  5. kelihatannya sih tanaman sepele tapi kaya manfaat jug gan ini

    BalasHapus
  6. wah, bunda ane suka tanam seledri gan! biasa nya pake tanah yang terurai di suatu Pohon yang berlubang..biasanya bagus tanah itu utk tanaman....sebenarnya dari pohon itu sendiri yang lma2 terbentuk dengan sendiri nya berupa tanah..subur malahan utk tanaman..

    BalasHapus
  7. @Obat sakit 2011:ya begitulah sob,kdang yang sepele bermanfaat..hehehe

    BalasHapus
  8. @Taman Sabas:biasanya memang iya sob..terima kasih sudah berkunjung.

    BalasHapus
  9. nice post sob...
    nambah2 ilmu nih :)
    makasi sdh bebagi

    BalasHapus
  10. sob, selain insektisida aktif seperti yang disebutkan di atas, apa ada yang lainnya ga, soalnya kalo kita nanam di halaman rumah kan sedikit, apa ada yang lainnya yg lebih ramah tanpa pake zat kimia?

    ditunggu jawabanya yah, saya pasti datang lagi sob, sebelumnya makasih

    BalasHapus
  11. Terima kasih sudah berkunjung

    @Rezdown7:sama-sama sob.

    @Kang Epot :ada kang insektisida biologi yang ramah terhadap lingkungan,yang terbuat dari extrak beberapa tanaman.Insya Allah di postingan berikutnya akan saya tulis mengenai cara pembuatannya.

    BalasHapus
  12. nice post sobat.bleh nih jadi bahan pembelajaran dalam berkebun nanti..hehe..ga nyambung ya?oh ya jangan lupa komen balik di blogku ya

    BalasHapus
  13. Terima kasih sudah berkunjung

    @adrian :sip sob...

    BalasHapus
  14. nice posting.. tp saya mah kurang suba berkebun.. hehe

    BalasHapus
  15. keren gan , mari kembali ke alam :thumbup:

    BalasHapus
  16. Terima kasih sudah berkunjung


    @Adis Production Bali:Tidak apa-apa sob,yng penting saling shering.hehehe

    @NOTHINGTOLOSE SHOP:betul sob...untuk mencegah global warming.:):) :P

    BalasHapus
  17. seledri ini tanaman kaya manfaat

    BalasHapus
  18. mantep.. tanpa seledri makan cuanki jadi ga srek..

    BalasHapus
  19. emank banyak tuh manfaat seledri...

    koment balik diblogku ya sob
    ditunggu kedatangannya

    BalasHapus
  20. Terima Kasih sudah berkunjung

    @Obat Sakit 2011:betul sekali sob...ini pakarnya tentang Obat herbal.

    @ryuuzaki-kun: yap + kaya manfaat.

    BalasHapus
  21. informasi yang penting.. di era modern ini sudah jarang yang peduli dengan budidaya tumbuh-tumbuhan..

    BalasHapus
  22. Terima kasih sudah berkunjung

    @Adi Waskita :trima kasih sob,sebenarnya masih banyak sob...cuma belum nampak aja.hehehe

    BalasHapus
  23. Selamat Soro sobat singgah di tempat aku ya

    BalasHapus
  24. Tanaman seledri memang bermanfaat bagi kita, kalau tidak salah bagus juga untuk memperindah serta menyuburkan rambut ya.

    BalasHapus
  25. terima kasih untuk tulisan ini.

    BalasHapus
  26. waaaaah seru, perlu d coba niih thanks bro

    BalasHapus
  27. om ngopas ya, buat posting bole4h gak om sekalianuntuk tugas kul

    BalasHapus
  28. @BUDI PRASETYO:Silahkan yg penting jangan lupa sumbernya.

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungannya.

Mari kita budayakan untuk saling berkomentar,baik cacian,makian,hinaan juga boleh asal jangan spam ya.?dan Usahakan komentar tidak masuk kotak spam.!

Tapi maaf lho komentar yang berisi link hidup atau mati tidak akan ditampilkan.

Terima Kasih.

 

Visitors

Free counters!

BackLink

Ping your blog, website, or RSS feed for Free This page is geo-coded Top 100 Education Sites on Top100Add.com - Add your Site, Boost Your Traffic! PageRank Personal Blogs
W3 Directory - the World Wide Web Directory DMCA.com free web site traffic and promotion Top 100+
Return to top of page Copyright © 2010- 2013| Agriculturproduct Converted into Blogger Template by Hack Tutors